Dalil-dalil Lengkap tentang Wali Allah dan Karomahnya

Dalil tentang Wali Allah
Pada artikel sebelumnya telah di bahas tentang wali Allah dan karomahnya.

Sedikit review, bahwa setiap muslim yang beriman dan bertakwa dapat menjadi wali Allah.

Hanya saja derajat dan tingkatannya berbeda-beda...

...tergantung pada kualitas ketakwaan dan keimanan masing-masing.

Semakin tinggi kualitasnya maka semakin tinggi pula derajatnya di sisi Allah SWT, dan tingkatan karomahnya pun lebih sempurna.

Berikut sejumlah dalil tentang wali Allah dan karomahnya yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits.

Dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur'an

  • Surat Yunus: 62-64, Firman Allah SWT yang artinya ;
"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar."
  • Surat Al-Baqarah: 257 ;
"Allah Pelindung (wali) orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman)."
  • Surat Al-Anfal: 34 ;
"Dan mereka bukanlah orang-orang yang berhak menguasainya. Orang-orang yang berhak menguasai(nya), hanyalah orang-orang yang bertakwa."
  • Surat Al-A'raf: 196 ;
"Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) dan Dia melindungi orang-orang yang shalih."
  • Surat Yunus: 24 ;
"Demikianlah, agar Kami memalingkan darinya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya (Yusuf) itu termasuk hamba-hamba kami yang terpilih."
  • Surat Al-Isra': 65 ;
"Sesungguhnya hamba-hambaKu, kamu tidak dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Rabbmu sebagai Penjaga." 
  • Surat Ali Imran: 37 ;
"Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan disisinya. Zakaria berkata, 'Hai Maryam, dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?' Maryam menjawab, 'Makanan itu dari sisi Allah'."
  • Surat As-Shaffat: 139-144 ;
"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. Maka ia ditelan oleh ikan yang besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai Hari Berbangkit."
  • Surat Al-Anbiya': 69-70 ;
"Kami berfirman, 'Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim', mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka orang-orang yang paling merugi."
  • Surat Al-Kahfi: 9-12 ;
"Apakah kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan. (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, 'Wahai Rabb kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).' Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu, kemudian Kami bangunkan mereka."

Dalil-dalil yang bersumber dari Hadits

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW di dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman:

"Barang siapa yang memusuhi waliKu, maka sungguh Aku telah memaklumkan perang terhadapnya. Tidaklah hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada mengerjakan apa yang Aku wajibkan kepadanya. HambaKu senantiasa mendekatkan diri kepadaKu dengan melakukan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya; maka apabila Aku telah mencintainya, Aku menjadi penjaga pendengarannya yang dengannya ia mendengar, menjadi penjaga penglihatannya yang dengannya ia melihat, menjadi penjaga tangannya yang dengannya ia berbuat dan menjadi penjaga kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia minta kepadaKu, niscaya Aku beri, dan jika ia memohon perlindungan kepadaKu, niscaya aku melindunginya." (HR. Bukhari, no. 6502)

FirmanNya di dalam sebuah Hadits Qudsi,

"Sesungguhnya Aku benar-benar membalas dendam untuk wali-waliKu, sebagaimana macan membalas dendam."

"Sesungguhnya Allah mempunyai orang-orang yang sekiranya mereka bersumpah atas nama Allah (untuk mendapatkan kemuliaanNya), niscaya Allah mengabulkannya."  (Muttafaq 'alaih, Bukhari no. 2703, Muslim no. 1675)

"Sungguh pada umat-umat sebelum kalian terdapat orang-orang yang mendapat ilham, dan jika di antara umatku terdapat seseorang yang mendapatkan ilham, maka dia adalah Umar."  (Muttafaq 'alaih, Bukhari no. 3465)

"Ada seorang perempuan sedang menyusui anaknya, lalu ia melihat seorang lelaki menunggangi kudanya yang sangat indah, maka ia berkata, 'Ya Allah, jadikanlah anakku ini seperti orang itu.' Maka si bayi itu menoleh kepada lelaki itu sambil menyusu, dan ia berdoa, 'Ya Allah, jangan Engkau jadikan aku seperti dia'."  (Muttafaq 'alaih, Bukhari no. 3436, Muslim no. 2550) 

Bayi tersebut berbicara sebagai karomah baginya dan ibunya.

- Baca juga artikel selanjutnya tentang Kisah-kisah Karomah Para Wali Allah -

Itulah beberapa dalil tentang wali Allah dan karomahnya yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits.

Dengan membaca dan memaknai dalil-dalil di atas semakin jelas bahwa Allah SWT telah memberi PETUNJUK kepada kita hambanya.

Tak ada satu pun RAHASIA, tinggal kita mau atau tidak mengikuti PETUNJUK tersebut.

Hanya dengan mengerjakan semua amalan yang Allah wajibkan maka kita akan mendapatkan CINTAnya ALLAH SWT...

...apabila kita menambahnya lagi dengan amalan-amalan sunnah maka Allah SWT akan jauh lebih mencintai hambaNya.

Jika cinta Allah SWT telah 'turun' kepada seorang hamba maka tiada satu pun doa yang tak terkabul.

Subhanallah...

Ya Allah, jadikanlah hamba salah seorang yang juga mendapatkan cintaMu, Ya Rabb... Aamiiin...  



Sumber: Minhajul Muslim - Konsep Hidup Ideal dalam Islam - Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri

Komentar

Postingan Populer

Kisah-kisah Karomah Para Wali Allah

Hukum Mencabut Uban dan Mewarnai Rambut dalam Islam

Anda Galau Karena Urusan Dunia? Inilah Obat Mujarabnya!

Para Wanita! Jangan Sambung Rambutmu Karena itu Haram