Anda Galau Karena Urusan Dunia? Inilah Obat Mujarabnya!

Sebuah Hadits Qudsi yang akan menenangkan Jiwa Anda

Ketika segala usaha telah dilakukan namun keinginan tidak pula terwujud di saat itulah galau pun hadir dalam kehidupan.

Kehadiran galau ini telah membuat manusia menjadi bingung, hopeless dan benar-benar habis akal.

Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak cepat disikapi dengan benar, bisa membuat manusia menjadi hilang akal...

...dalam kondisi hilang akal manusia bisa berbuat apa saja diluar kendali, tidak jarang yang sampai bunuh diri. 

Disinilah pentingnya ilmu agama dalam kehidupan kita.

Karena kehidupan dunia dengan segala gemerlap dan kenikmatannya seringkali membuat kita lupa bahwa sebenarnya hidup ini hanya sebentar saja.

Dunia hanya persinggahan untuk menuju kehidupan di akhirat yang kekal abadi.

Ada sebuah hadits qudsi yang saya yakin jika anda resapi betul maknanya akan bisa menjadi obat mujarab untuk penyakit galau karena urusan dunia ini.

Apa itu Hadits Qudsi?

Sebelum masuk ke inti bahasan saya ingin menjelaskan sedikit tentang makna dari hadits qudsi.

Hadits Qudsi adalah hadis yang secara maknanya datang dari Allah SWT disampaikan lewat ilham atau mimpi...
...sementara redaksinya dari Nabi Muhammad SAW.

Berbeda dengan Al Qur'an yang mana redaksi dan maknanya langsung dari Allah SWT yang disampaikan kepada Nabi SAW lewat Malaikat Jibril as.

Dan inilah isi dari hadis qudsi yang insya Allah akan menenangkan jiwa anda yang galau. Mohon diresapi betul maknanya.
Wahai anak Adam, jangan pernah engkau takut dengan siapapun yang berkuasa selama kekuasaan-Ku ada, ketahuilah kekuasaan-Ku tidak akan pernah punah selamanya
Wahai anak Adam, jangan pernah engkau takut dengan kesempitan rezeki karena perbendaharaan-Ku penuh, dan perbendaharaan-Ku tidak akan pernah punah selamanya
Wahai anak Adam, Aku ciptakan engkau untuk beribadah maka jangan engkau main2, dan Aku tentukan rezekimu maka tidak perlu kamu capek
Demi kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, jika engkau ridho terhadap pemberian-Ku maka Aku akan tenangkan jiwa dan ragamu dan engkau akan mulia disisi-Ku. Jika engkau tidak ridho dengan pemberian-Ku maka Aku akan membuatmu mengejar dunia, seperti hewan buas yang sedang mengejar mangsanya di padang pasir kemudian tidak datang kepadamu kecuali yang sudah Aku takdirkan
Wahai anak Adam, Aku telah menciptakan langit dan bumi dan Aku tidak pernah sulit menciptakan dan mengurus keduanya, maka apakah engkau pikir Aku akan sulit untuk mengurus rezeki mu?!
Wahai anak Adam, jangan pernah engkau minta rezeki untuk esok hari sebagaimana Aku tidak pernah minta kepadamu amal esok hari!
Wahai anak Adam, sesungguhnya aku mencintaimu maka atas hak itulah cintailah Aku
Ada 7 poin penting yang Allah SWT sampaikan dalam hadits qudsi ini:
  1. Allah SWT adalah yang Utama. Jangan menomor-duakan-Nya. Tidak ada alasan bagi kita untuk menunda kewajiban kepada Allah SWT (seperti Sholat 5 waktu) walau sepenting apa pun urusan kita di dunia.

  2. Allah SWT sudah mengatur rezeki kita jadi tidak perlu mengkhawatirkannya

  3. Tugas utama manusia di dunia adalah Beribadah kepada Allah SWT. Kita tidak boleh melalaikan tugas utama ini hanya karena urusan dunia. Rezeki pasti Allah SWT berikan dengan usaha yang secukupnya. Begitu baiknya Allah SWT yang tidak menyuruh hamba-Nya capek. Subhanallah....

  4. Menerima dengan ikhlas dan sabar semua yang ada di diri kita, yakin bahwa semuanya dari Allah SWT. Dengan begitu jiwa dan raga kita akan tenang, dan Allah SWT akan memuliakan kita disisi-Nya.

  5. Sebuah penegasan betapa Maha Besar dan Kuasanya Dia. Sangat tidak sebanding bahwa manusia lebih meng-UTAMA-kan rezeki dibanding Sang Pemilik Rezeki itu sendiri.

  6. Tak perlu berandai-andai tentang masa depan, yang hanya membuat kita khawatir berkepanjangan. Hanya fokus melakukan yang terbaik untuk hari ini.

  7. Sebuah penegasan bahwa Allah SWT sangat mencintai manusia. Betapa rugi manusia yang tidak mau menyambut cinta dari sang Penciptanya.

Jangan Lagi Galau, Sesungguhnya Allah SWT Bersamamu

Jika kita memaknai, merenungkan secara benar isi dari hadits qudsi di atas, saya yakin akan timbul suatu ketenangan jiwa yang sangat luar biasa.

Saya pribadi sangat merasakan itu. Spontan hati ini menjadi plong.

Kekhawatiran tentang masa depan mendadak hilang seketika.

Betapa Allah SWT telah menjelaskan secara detil sebuah kunci jawaban tentang cara hidup di dunia ini.

Tiada satu pun yang rahasia atau ditutup-tutupi.

Tinggal manusia itu sendiri mau menjalankan petunjuk yang telah diberikan itu atau tidak.

Silakan tonton video ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang menjelaskan tentang hadits qudsi ini.

Komentar

Postingan Populer

Dalil-dalil Lengkap tentang Wali Allah dan Karomahnya

Kisah-kisah Karomah Para Wali Allah

Hukum Mencabut Uban dan Mewarnai Rambut dalam Islam

Para Wanita! Jangan Sambung Rambutmu Karena itu Haram